Rp.5,6 Miliar untuk USU & Unimed

Cerdas Bersama Pertamina
Pertamina Bantu Dunia Pendidikan Rp.5,6 Miliar untuk USU & Unimed

Medan – Sebagai bentuk tanggung jawab sosial Pertamina dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan, PT Pertamina memberikan bantuan pendidikan senilai Rp 5,6 Miliar lebih kepada Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Bantuan pendidikan yang merupakan program CSR Pertamina di 2 (dua) Universitas Negeri di Sumatera utara yaitu Universitas Sumatera Utara (USU) meliputi, Rp 2 Miliar bantuan pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi, Rp 1 Miliar bantuan  peralatan mini hospital di Fakultas Keperawatan dan  Rp. 1 miliar bantuan system informasi dan sarana penunjang serta renovasi ruangan untuk Biro Pusat Administrasi dengan total senilai Rp 4 Miliar .

Sedangkan di Universitas Negeri Medan (Unimed) Fakultas Teknik Mesin, PT Pertamina (Persero) juga memberikan bantuan pendidikan berupa, Peralatan Laboratorium teknik, 18 unit komputer, peralatan otomotif dan software Computer Numerically Controlled (CNC) dengan total senilai Rp 1,6 Miliar. 

General Manager PT Pertamina Fuel Retail Marketing Region I, Gandhi Sriwidodo didampingi Senior Analyst Perencanaan & Analisa SME&SR 8Region I, Edi Budiarto dalam peletakan batu pertama pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi  USU, Kamis (26/05) mengungkapkan bahwa Pertamina dengan Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan memiliki arti yang sangat penting. Di satu sisi Pertamina sebagai BUMN terbesar, the economy powerhouse milik bangsa Indonesia, dan di sisi lain USU dan Unimed merupakan Perguruan Tinggi dengan reputasi baik di negeri ini. Dan kerjasama yang baik telah terjalin sedemikian lama diantara kedua lembaga melalui sinergi untuk berkontribusi nyata terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

”Perhatian dan komitmen Pertamina terhadap dunia pendidikan khususnya kepada perguruan tinggi diwujudkan salah satunya dengan memberikan bantuan dalam membangun, meningkatkan pendidikan, dan penelitian, serta pengembangan masyarakat. Ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility” ujar Gandhi 

Gandhi  juga menjelaskan sebagai Badan Usaha Milik Negara yang menjalankan bisnis yang menyangkut hajat hidup seluruh bangsa Indonesia, PT Pertamina (Persero) menyadari betul, bahwa masih banyak permasalahan negeri ini yang butuh kita atasi bersama-sama. Pertamina merasa terpanggil untuk turut serta membantu upaya pemerintah dalam mengatasi berbagai masalah tersebut, termasuk di bidang pendidikan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina telah melakukan berbagai program sosial kemasyarakatan baik di bidang kesehatan, sosial, maupun bidang pendidikan.

Selain bantuan pembangunan fasilitas pendidikan, Pertamina juga telah melaksanakan sejumlah program rutin lain seperti beasiswa, program edukasi melalui Cerdas Bersama Pertamina, Pertamina Goes to School hingga program peningkatan kompetensi kader-kader terbaik perguruan tinggi melalui Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia  yang sukses terlaksana setiap tahunnya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahril Pasaribu, DTMH, MSc, SpA bersama Dekan Fakultas Ekonomi, Drs Jhon Tafbu Ritonga, Mec sangat berterimakasih kepada PT Pertamina yang telah memberikan bantuannya kepada Universitas Sumatera Utara, sehingga USU bisa memberikan kontribusinya kepada negara dalam peningkatan di dunia pendidikan.Sehingga Universitas Sumatera Utara termasuk menjadi Universitas terbaik di Indonesia.




Di hari yang sama, Pembantu Rektor IV Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof .Dr. Berlian Sibarani di dalam pemotongan pita Gedung Smart Laboratorium Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan mengungkapkan bahwa Pertamina telah mensinergikan Universitas Negeri Medan dengan PT Pertamina dalam bentuk kepedulian pedidikan. Sehingga kepedulian Pertamina ini sangat bermakna kepada para mahasiswa dalam menuntut ilmu.

Berlian Sibarani juga mengungkapkan, bahwa dengan adanya peralatan komputer dengan menggunakan software Computer Numerically Controlled (CNC) bisa meningkatkan pelajaran di Fakultas Teknik Mesin ini, sebab saat ini CNC sangat dibutuhkan di perusahan- perusahan besar khususnya Pertamina di dalam dunia Teknik Mesin. (wali-panjie)




Komentar

Postingan Populer