Pertamina Latih Operator SPBU

Pertamina Latih Ratusan Operator untuk Mengenal Keaslian Uang Rupiah

Medan (1/6) – Untuk mengantisipasi beredarnya uang rupiah palsu dalam transaksi di SPBU, diperlukan pengetahuan untuk mengenali secara spesifik keaslian uang oleh para operator dan pengusaha SPBU Pertamina. Lebih dari seratus pengusaha dan operator SPBU di wilayah Sumatera Utara mengikuti Pelatihan Pengenalan Keaslian Rupiah yang dilakukan Pertamina bekerjasama dengan Bank Indonesia.

Acara ini merupakan kali kedua dilakukan oleh Pertamina setelah acara yang sama berlangsung dengan cukup sukses tahun lalu. Pelatihan dan sosialiasi kali ini yang bertajuk “Training of Trainers  dan Sosialisasi Keaslian Uang Rupiah untuk Pengusaha dan Operator SPBU” diadakan di Ruang Enviro 2T, Kantor Pertamina Unit Medan Jl. K.L Yos Sudarso No.8-10 Medan dan berlangsung selama 2 hari  dari tanggal 30 Mei – 1 Juni 2011.

Sales Area Manager Fuel Retail Marketing Sumatera Utara, Budhi Busama mengungkapkan bahwa training dan sosialisasi ini merupakan bentuk kerja sama yang sangat baik dan sangat berguna bagi pihak SPBU.

“Berkembangnya teknologi pada dasarnya memberikan kemudahan pada masyarakat, namun disisi lain terdapat dampak negatif yang juga timbul seperti adanya potensi ancaman uang palsu yang semakin merebak dan mengkhawatirkan, terutama dalam transaksi di SPBU. Untuk itu Training dan sosialisasi seperti ini sangat penting perannya bagi semua pihak khususnya pada manajemen dan operator SPBU sebagai mitra kerja Pertamina”. Ungkap Budhi.

Acara dibagi atas dua sesi, dimana sesi pertama diadakan Training of Trainers yakni pelatihan secara umum kepada pihak managerial SPBU dalam mengenali uang palsu melalui metode 3-d (dilihat, diraba, diterawang), penggunaan e-money, dan materi-materi lainnya dengan tujuan agar para peserta dapat membagi pengetahuan terhadap operator maupun mitra kerja lainnya di lapangan dalam mengetahui keaslian uang, Di hari kedua para peserta diberikan materi sosialisasi dan praktek langsung menganalisa uang palsu.

Acara Training dan Sosialisasi ini merupakan komitmen Pertamina bagi mitra kerja Pertamina khususnya pengusaha SPBU untuk meningkatkan kewaspaan terhadap maraknya peredaran uang palsu. (Panjie/ER)






Komentar

Postingan Populer