Edukasi Mengenai Issue Pengisian BBM di SPBU


Apakah dengan menekan dan melepas tuas handle akan mengurangi volume BBM di SPBU?

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh wartawan otomotif di Jakarta belum lama ini, pengisian BBM dengan cara menekan dan melepas tuas handle terbukti tidak mengurangi volume BBM.

Untuk membuktikannya, kita dapat membeli BBM 1 liter dan masukkan ke dalam gelas ukur 1 liter. Gelas ukur ini dapat dipinjam di SPBU. Pada saat pengisian, mintalah operator untuk menahan tuas handle sampai selesai. Bandingkan dengan cara menekan da melepas tuas handle, hasilnya terbukti volume BBM ternayata tidak berkurang.

Mengapa demikian? Pompa dispenser cenderung memiliki tekanan yang lebuh kuat pada saat tuas handle ditekan-lepas secara berulang sehingga yang terjadi justru jumlah BBM yang dikeluarkan biasanya menjadi lebuh banyak.

Mengapa operator seringkali harus menekan kembali tuas handle? Sistem sensor pengaman yang terdapat pada ujung nozzle akan membuat tuas handle terlepas secara otomatis apabila cairan BBM sudah menyentuh ujung nozzle. Agar BBM tetap keluar sampai jumlah yang diinginkan maka operator harus menekan kembali tuas handle tersebut.

Selamat mencoba

Komentar

Postingan Populer