Pertamina dan KODAM Iskandar Muda

Pertamina dan KODAM Iskandar Muda 

Menabung 902.500 Pohon Jabon Secara Serentak



ACEH BESAR, 21 November 2013 - Sebagai bagian dari kerjasama menabung 20 juta secara serentak se-Indonesia, Pertamina dan Kodam Iskandar Muda menabung 902.500 pohon jabon secara serentak di Provinsi Aceh, Kamis (21/11).

Penanaman perdana di Aceh tersebut dipusatkan di Aceh dipusatkan di Desa Lamkling, Kec. Kuta Cot Glie, Kab. Aceh Besar. Dalam kegiatan dilakukan video conference dengan Dirut Pertamina Karen Agustiawan

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Marketing Branch Manager Pertamina Aceh Aribawa didampingi CSR Manager Pertamina Ifki Sukarya, dan Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam Iskandar Muda) Mayjen TNI Pandu Wibowo.

Penanaman 20 juta pohon ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan yang dikerjasamakan dengan TNI AD. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di 8.752 lokasi di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan di beberapa daerah, meliputi Aceh Besar, Deli Serdang, Kerinci, Tangerang, Garut, Temanggung, Bojonegoro, Tanjung Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, Namlea.

Membacakan sambutan Direktur Utama Pertamina, Aribawa mengatakan kegiatan menabung 20 juta pohon merupakan bagian dari gerakan Menabung 100 Juta Pohon yang menunjukkan komitmen tinggi perusahaan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan melalui kegiatan tersebut. Oleh karena itu, imbuhnya, kegiatan ini tidak berhenti pada menanam melainkan juga merawat hingga tumbuh dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

“Kegiatan Menabung 20 Juta Pohon serentak selama 24 jam ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Kami sangat bangga, kendati bukan merupakan tujuan utama, penghargaan MURI untuk kegiatan hasil kerjasama Pertamina dan TNI AD ini menunjukkan bahwa upaya yang telah kami lakukan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat dan Pertamina berkomitmen untuk melanjutkan Gerakan Menabung 100 Juta Pohon. Bahkan kami melihat, dengan antusiasme masyarakat sukarelawan dan juga TNI AD, kami yakin bisa lebih dari itu,” katanya.

Pertamina mencanangkan Gerakan Menabung 100 Juta Pohon sejak 2012 dan ditargetkan tuntas pada 2015. Total pohon tertanam yang telah terverifikasi hingga hari ini mencapai 55 juta pohon dan di akhir tahun diperkirakan bisa mencapai 75,3 juta pohon.

Dengan program ini diharapkan dapat mengurangi polusi emisi gas karbon dan menumbuhkan ecopreneur lokal. Adapun, jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan wilayah penanaman, sehingga bisa bertahan hidup dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Pangdam Iskandar Muda dalam sambutannya mengatakan semakin meningkatnya kerusakan hutan, lahan  dan lingkungan yang  terjadi  akhir-akhir ini yang diakibatkan adanya pembalakan liar, kebakaran hutan dan berbagai ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka Kodam Iskandar Muda bersama-sama dengan Pertamina, pemerintah daerah provinsi Aceh dan masyarakat melaksanakan penanaman pohon sebagai wujud nyata kepedulian dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup. Program menanam pohon merupakan kegiatan yang penting dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, degradasi hutan dan lahan serta kerusakan lingkungan, di samping perannya sebagai penampung ketersediaan air.

Turut hadir dalam acara penanaman pohon tersebut Wakil Bupati Aceh Besar Syamsulrizal, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan masyarakat sekitar. Turut hadir pula Tim Pertamina dari External Relations Sumbagut, Small Medium Enterprises & Social Responsibility Partnership Program (SME & SR PP) atau Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) Sumbagut, Marketing Branch Aceh, dan Terminal BBM Krueng Raya. (Brasto)

Komentar

Postingan Populer