Pertamina “Goes to Campus 2011” di 3 Perguruan Tinggi

Pertamina “Goes to Campus 2011” di 3 Perguruan Tinggi

Pertamina Goes to Campus
Medan – Generasi muda, sebagai calon pemimpin bangsa, perlu mengetahui kondisi energi, khususnya minyak dan gas yang terjadi di negerinya. Sebagai calon agent of change, pemahaman tersebut diharapkan dapat membawa perbaikan untuk Pertamina dan negara ini ke depan. Hal itulah yang mendasari Pertamina Fuel Retail Marketing Region I menyelenggarakan “Goes to Campus 2011” di Perguruan Tinggi yang ada di Kota Medan, bekerja sama dengan harian Bisnis Indonesia.
Kegiatan ini yang diselenggarakan di 3 (tiga) Perguruan Tinggi yang ada di Kota Medan, diawali di Yayasan Pendidikan IBBI Jalan Sei Deli, Medan, pada hari Jum’at (29/04) siang. Selanjutnya pada hari Sabtu (30/04) pagi di Universitas Sumatera Utara, Jalan DR. Mansyur, Medan dan hari Senin (02/05) siang Yayasan Pendidikan IT & B Campus Jalan Mahoni No. 16 Medan. 

Dalam Acara ini juga, Fitri Erika, Asisstant Manager External Relation Pertamina Fuel Retal Marketing Region I di Yayasan Pedidikan IBBI Medan, memberikan pengertian tentang asal usulnya minyak serta bahan bakar minyak (BBM) yang terbaik untuk lingkungan. Dalam sesi tanya jawab, juga disediakan merchandise dan voucher BBM kepada para Mahasiswa.

Fitri juga menjelaskan pemilihan bahan bakar yang sesuai untuk kendaraan, salah satunya dengan menggunakan Pertamax. Pertamax mempunyai RON 92 (Research Octane Number) dan disarankan untuk kendaraan berbahan bakar bensin dengan perbandingan kompresi tinggi, karena menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin sehingga mesin akan lebih awet. Pertamax merupakan bahan bakar tanpa timbal (unleaded) dan menghasilkan emisi lebih rendah, sehingga sangat bersahabat dengan lingkungan sekitar. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.

Hal sama juga disampaikan oleh Rustam Aji, Asisstant Customer Relation-External Relation Pertamina Fuel Retail Marketing Region I, di Universitas Sumatera Utara dan Yayasan Pendidikan IT & B. Rustam menambahkan bahwa Pertamina sedang dalam proses Transformasi, dan semakin terbuka kepada semua shareholdernya. Untuk mewujudkan visi menjadi kelas dunia, Pertamina telah melakukan ekspansi bisnis ke berbagai benua, baik di sisi hulu maupun hilir.
Pertamina Goes to Campus
Selain dari Pertamina, dihadirkan dua pembicara, yaitu dari Bisnis Indonesia, Super SPL Tobing, dan Arifin Asally dari Arasco. Super SPL Tobing memberikan materi tentang “Managing Information In Business Decision Making Process Considering the Media Frames”,  untuk memberikan dorongan untuk para Mahasiswa dalam proses pembuatan keputusan di dalam dunia bisnis. Super juga menjelaskan bagaimana menjalankan bisnis di dunia media terutama di dunia bisnis informasi dengan memberikan keputusan yang tepat dalam menjalankanya.

Sedangkan Motivator Arifin Asally dari Arasco memberikan materi tentang  “Metode Pengumpulan Informasi Secara Kualitatif di Dunia Kini” , yang mendapat antusiasme dari para mahasiswa. Arifin Asally yang sering memberikan motivasi di Banda Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat ini, juga memberikan semangat kepada para Mahasiswa dalam melakukan pengumpulan data di dalam melakukan sesuatu terutama di dalam bisnis. Pengumpulan data harus diawali dengan pencarian data kecil hingga pencarian data yang luas.

Dengan kegiatan ini, diharapkan agar para mahasiswa, khususnya yang berada di sekitar unit operasi Pertamina, dapat menjadi agen perubahan dalam menumbuhkan “sense of belonging” sebagai pemilik sah kekayaan minyak dan gas bumi Indonesia. Untuk itu sebagai calon pemimpin di masa depan, pelajar selayaknya mengenal lebih dekat dengan Pertamina agar dapat memberikan pikiran-pikiran yang kritis dan konstruktif. (wali)





Komentar

Postingan Populer