Pertamina Adakan Workshop Pelanggan SPBU
Jakarta, 5 Oktober 2012 - Pertamina mengadakan workshop dan gathering dengan komunitas otomotif, aktivis sosial media dan para blogger. Workshop ini diadakan untuk memberikan informasi kepada pelangan Pertamina atas kualitas dan kuantitas produk serta pelayanan yang diberikan di SPBU Pertamina.
Dengan adanya persaingan di bisnis SPBU saat ini, Pertamina harus menjaga kepuasan konsumen agar tidak beralih. Berbagai standar diterapkan, di antaranya standar pelayanan, di mana petugas SPBU harus melayani dengan Senyum, Salam dan Sapa (3S) di samping memiliki keterampilan melayani dengan baik. Kualitas dan kuantitas dipastikan dengan pengecekan density dan tera nol dispenser setiap hari. Estetika juga menjadi salah satu strategi untuk menarik pelanggan, yaitu dengan menetapkan standar format fisik yang konsisten, bersih dan terawat.
Untuk menunjukkan bahwa sebuah SPBU sudah memenuhi standar-standar di atas, Pertamina memberi sertifikat dan tanda "Pasti Pas" di SPBU tersebut. Pada tahap awal, SPBU yang sudah mendapat sertifikat akan diaudit secara ketat setiap bulannya. Apabila dalam proses audit SPBU tidak berhasil mempertahankan standarnya, maka SPBU tersebut dapat kehilangan sertifikat Pasti Pasnya. Apabila dalam tiga bulan SPBU dapat mempertahankan standarnya, maka kepercayaan terhadap SPBU tersebut meningkat sehingga audit dilakukan setiap tiga bulan. SPBU yang sudah diaudit tiga bulan sekali ini pun tidak bisa bersantai-santai karena sekali saja tidak dapat memenuhi standar, maka SPBU tersebut akan kembali masuk ke daftar SPBU yang diaudit setiap bulan dan memiliki resiko kehilangan sertifikat Pasti Pas.
SPBU Pasti Pas sendiri dibedakan menjadi Pasti Pas Silver, Gold dan Diamond. SPBU berhak menikmati reward insentif sesuai kelas/statusnya. SPBU Pasti Pas Silver adalah SPBU yang lolos Sertifikasi Pasti pas, SPBU Pasti Pas Gold memiliki kriteria lolos Quarterly Audit QS4, memiliki fasilitas NFR, angin & air, struk pembayaran, dan SPBU Pasti Pas Diamond adalah SPBU yang lolos Quarterly Audit QS8 dan memiliki fasilitas 2 NFR dengan brand Pertamina, angin & air, struk pembayaran.
SPBU yang menjadi Peserta Pertamina Way dan SPBU Yang lolos Pasti Pas meningkat dari waktu ke waktu. Dimulai dengan 5 SPBU percontohan di Jakarta pada akhir 2006, kemudian pada Quarter 1 2007 Program ini dikembangkan di 6 kota dengan 125 SPBU. Per 30 September 2012 terdapat 3664 SPBU yang telah lolos sertifikasi Pasti Pas.
Dengan pengetahuan pelanggan mengenai SPBU Pasti Pas, diharapkan pelanggan dapat memilih SPBU dengan tepat. Namun demikian, bukan berarti semua SPBU yang belum Pasti Pas tidak bagus, karena bisa saja SPBU tersebut sedang disiapkan agar dapat memenuhi standar Pasti Pas.
Apabila pelanggan tidak mendapat kepuasan baik dari kualitas maupun kuantitas di SPBU Pertamina, pelanggan juga diharapkan untuk dapat menghubungi Contact Pertamina dengan nomor telepon (no kode area) 500 000, atau mengirimkan email ke pcc@pertamina.com. Dengan masukan yang diberikan pelanggan tersebut, Pertamina berharap dapat terus membenahi diri untuk kepuasan konsumen di seluruh Indonesia.
Komentar
Posting Komentar