4 Ribu Mahasiswa Berkompetisi di OSN-Pertamina Wilayah Sumbagut

Sumbagut - 27 November 2013 – Ajang Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-Pertamina) yang diselenggarakan serentak di 33 Propinsi di Indonesia, melibatkan wilayah Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara yang membawahi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau sebanyak 4 Ribu lebih ikut bertarung di ajang OSN-Pertamina di Sumatera Bagian Utara.
Jumlah peserta tersebut terdiri dari propinsi Aceh di Universitas Syaih Kuala (Unsyiah) sebanyak 550 peserta yang dihadiri oleh Senior Supervisor Branch Marketing Support Aceh, Sayid Farid di Propinsi Sumatera Utara di Universitas Sumatera Utara (USU) sebanyak 1.093 peserta dihadiri oleh Assistant Customer Relation, Sudarman.
Selanjutnya Propinsi Sumatera Barat di Universitas Padang (Unand) sebanyak 1.661 peserta dihadiri oleh Sales Exekutive Industry & Marine Sumbar, Hery Prawidian Alamanda, Propinsi Kepulauan Riau di Universitas Raja Ali Haji (Umrah) 167 peserta dihadiri oleh Operation Head Terminal BBM Kijang Muhammadi dan Propinsi Riau di Universitas Riau (Unri) sebanyak 700 peserta dihadiri oleh Senior Sales Executive Retail Pekanbaru, Drestanto Nandiwardhana dengan total 4.171 peserta.
OSN-PERTAMINA 2013 yang mengangkat tema  “Inovasi Sobat Bumi, Prestasi Untuk Negeri” adalah pelaksanaan tahun ke-enam yang dilaksanakan oleh Pertamina bersama Universitas Negeri se-Indonesia sebagai mitra kerjasama yang didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas.
Penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2013 terdiri atas tiga tahap, yakni Pendaftaran Peserta, Seleksi Tingkat Provinsi dan Poster Session yang akan dilakukan serentak di 33 Provinsi pada 27 November 2013, Babak Penyisihan untuk Proyek Sains yang dilaksanakan serentak secara online pada 28 November 2013, dan Babak Final Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 9-13 Desember 2013.
OSN-PERTAMINA 2013 terbuka bagi seluruh mahasiswa S-1 atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional dengan catatan belum pernah menjadi pemenang dalam OSN-PERTAMINA sebelumnya. Pada penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2013, panitia melakukan serangkaian pengembangan dalam kategori lomba yaitu Kategori Teori dan Proyek Sains.
Bentuk dan aturan kompetisinya sedikit mengalami perubahan, baik pada Kategori Teori maupun Kategori Proyek Sains.  Kategori Teori tetap akan mengkompetisikan empat bidang, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.  Sedangkan untuk  Kategori Proyek Sains, akan dikompetisikan karya cipta dari tiga bidang, yaitu bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB) dan Produk Unggulan (PU).
Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final Tingkat Nasional. Penetapan kadua kategori kompetisi tersebut dimaksudkan untuk menggali gagasan dan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi sains maupun teknologi. Gagasan tersebut disampaikan dan divisualisasikan oleh peserta melalui scientific paper dan aplikasi model atau karya cipta.
OSN-PERTAMINA 2013 merupakan program CSR Bidang Pendidikan PT Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2013 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang handal dalam bidang sains, yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul dan dapat menjadi pembangun kemandirian bangsa. (tim er)

Komentar

Postingan Populer